Thursday, August 2, 2012

Sejarah Perak Pada Peradaban Manusia



Perak telah digunakan selama ribuan tahun untuk ornamen peralatan dan alat tukar. Nilainya sebagai logam mulia telah lama dianggap kedua setelah emas. Bahkan telah ditemukan pertambangan perak tertua terutama di daerah asia kecil dan pulau-pulaiu di laut Aegaen sekitar awal millennium ke 4 SM 


Di zaman romawi, perak digunakan sebagai mata uang dengan nilai yang tinggi. pada saat itu bangsa romawi memiliki pertambangan besar perak bahkan mencapai 200 ton pertahun. Sehingga pada waktu itu romawi merupakan bangsa adidaya dan memiliki kekayaan yang luar biasa sekitar pada abad kedua masehi.

Pada zaman kekaisaran china, perak juga digunakan sebagai alat tukar. Sekitar abad ke-19, pedagang cina menuntut kepada inggris raya dengan pembayaran perak sebagai pengganti teh, sutra dan porselen.

Pada zaman yunani dan roma. Perak juga digunakan bukan hanya sebagai perhiasan dan alat tukar saja. melainkan juga sebagai disinfektan air,alat yang digunakan sebagai penyimpan makanan, serta obat luka bakar.

Pada abad ke 19, pelaut di pelayaran menggunakan perak sebagai alat untuk menyimpan anggur dan menjaga kesegaran makanan.. dan pada tahun 1920 US Food and Drug Administration menyetujui penggunaan perak sebagai alat anti bakteri pada makanan.

Sumber : 

No comments:

Post a Comment