Saturday, November 3, 2012

Intermezzo Drakula/vampire dan perak




Iseng-iseng menulis postingan mitos tentang perak gara2 nonton Sebuah Film baru-baru ini..hehehe. Temen2 GS pasti dah pada tau kan kalo Drakula/Vampire bisa dikalahkan dengan barang yang mengandung unsur perak seperti senjata perak dan peluru perak. Nah kali ini GS ingin membahas mengenai asal usul dari mitos tersebut.

1. Perak memiliki efek toksik pada beberapa bakteri, virus, ganggang dan jamur, dikatakan bahwa vampire atau drakula menularkan DNA mereka dari air liur yang masuk pada aliran darah. Dengan dasar inilah bahwa perak yang memiliki efek toksik mampu menetralkan reaksi yang terjadi pada DNA Drakula.
2. Mitos drakula/vampire berkembang dilingkungan sosial masyarakat eropa yang ketika itu sebagian besar penganut agama Kristen/Nasrani. Jadi memang menjadi dasar pemikiran bahwa dimana setiap mitos sangat berkaitan terhadap kepercayaan/kebudayaan masyarakat setempat. Beberapa teori menyatakan bahwa vampir asli mungkin Yudas Iskariot yang adalah pengkhianat Yesus Kristus. Alkitab menyatakan bahwa Yudas bunuh diri karena kesalahannya. Cerita tentang vampire bahwa mereka yang melakukan bunuh diri ditakdirkan untuk datang kembali sebagai vampir. Yudas dikatakan memiliki rambut merah dan ini mengidentifikasi sifat dari keturunannya. Orang Yunani diperintahkan untuk berpikir bahwa semua yang memiliki rambut merah adalah vampir. Hal ini juga mengatakan bahwa vampir membenci perak untuk alasan ini juga. Yudas mengkhianati Yesus dengan 30 keping perak. Yudas berusaha untuk mengembalikan perak tapi tidak bisa sehingga ia membuangnya dengan jijik. Dari situ dianggap Yudas merupakan Vampire pertama dan perak menjadi unsur yang terkutuk untuk vampire dan drakula.

Sekian posting dari GS.. Postingan ini hanya sebatas penjelasan terhadap mitos semata dan tidak berkaitan sama sekali dengan SARA (Suku, Agama, Ras, dan Antar golongan)

Sumber :

No comments:

Post a Comment