Saturday, August 4, 2012

Potensi Investasi Perak di Indonesia




Seperti halnya logam mulia.. perak memiliki nilai investasi yang bagus. Harganya yang cenderung stabil bisa jauh lebih menguntungkan di bandingkan emas. Di indonesia saat ini investasi perak sudah mulai di lirik oleh sebagian kalangan, beberapa kalangan beranggapan potensi investasi perak terutama diindonesia sangat menggiurkan di karenakan nilai perak yang tidak terlalu fluktuatif.


Diakui di indonesia saat ini, popularitas investasi perak belum bagus di bandingkan dengan Negara lain yang sudah terbiasa dalam perdagangan perak. Namun dengan trend investasi yang semakin marak diindonesia akibat nilai mata uang rupiah yang tidak stabil, sejak 3 tahun terakhir terjadi peningkatan penjualan perak di indonesia di samping penjualan emas.

“Meski merata-ratakannya, tetapi tercatat pada 2010 lalu terjadi kenaikan drastis yang dialami perak menembus angka 140 persen dari harga normal. Sementara harga emas, Eri menyebutkan hanya terjadi kenaikan 15-20 persen setiap tahun” (tribunnews.com)

“Pamor perak sejauh ini memang relatif kalah dibandingkan emas. Padahal, prospek investasinya tak kalah. Prospek permintaan perak di pasar global cukup kuat. Selain banyak dibutuhkan untuk keperluan industri, seperti elektronik, perak juga bisa dimanfaatkan sebagai bahan baku perhiasan seperti emas.” (Kontan.co.id)

Dinilai dari prospek yang cerah terhadap investasi perak terjadi karena penggunaan perak sebagai bahan baku industry sangat pesat, karena itu dengan kondisi kelangkaan dari jumlah perak di dunia otomatis nilai tukar perak akan terangkat. Hal ini berbanding terbalik dengan nilai tukar emas, emas yang memiliki kebutuhan pada industry yang tidak terlalu banyak menyebabkan perputaran dan pertukaran nilai emas dunia di nilai cenderung stabil.

Namun di indonesia saat ini, investasi perak masih belum di lirik oleh banyak pihak, di karenakan popularitas perak yang masih rendah di bandingkan emas, sehingga jumlah permintaan yang masih cukup rendah di pasaran. Itulah yang menyebabkan pergerakan nilai perak di indonesia cenderung lambat di bandingkan luar negeri.

Kelebihan investasi perak
  1. Memiliki rasio peningkatan nilai yang lebih tinggi di bandingkan emas selama pertahunnya. Bahkan nilai tukar perak bisa naik dua kali lipat di banding emas.
  2. Harganya yang lebih murah sehingga terjangkau untuk nilai investasi kecil.
  3. Rasio harga perak dan harga emas saat ini adalah 1 : 40. Menurut para ahli, ini bukan merupakan rasio yang wajar. Karena perak pernah mencapai rasio kesetimbangan dengan emas mencapai 1 : 10 sampai 1 : 12. Sehingga rasio perak masih di mungkinkan untuk mengejar rasio emas.

Kekurangan investasi perak
  1. Popularitas perak sebagai barang investasi di indonesia masih rendah, sehingga pergerakan nilainya masih rendah di banding Negara lain, tapi masih tetap lebih tinggi dari pada peningkatan rasio emas
  2. Popularitas perak yang rendah menyebabkan nilai harga perak di pasaran indonesia tidak berjalan cepat, berbeda dengan emas yang sewaktu-waktu bisa sangat meningkat tajam
  3. Popularitas perak yang masih rendah di indonesia menjadikan beberapa tempat penggadaian tidak menerima perak sebagai alat tukar di penggadaian
  4. Perak membutuhkan perawatan, karena perak bisa mengalami oksidasi.






No comments:

Post a Comment